Membangun Kembali Pendidikan selama Pemerintahan Transisi PBB di Timor Timur (UNTAET)

Trina Supit

Book Cover: Membangun Kembali Pendidikan selama Pemerintahan Transisi PBB di Timor Timur (UNTAET)
Part of the Trina Supit series:
  • Membangun Kembali Pendidikan selama Pemerintahan Transisi PBB di Timor Timur (UNTAET)
Editions:Paperback - Cetakan pertama
Size: 15.00 x 23.00 cm
Pages: 238

Setelah Timor Timur merdeka dan menjadi satu bangsa yang kini kita kenal sebagai Timor-Leste, salah satu hal yang mereka hadapi adalah bagaimana membangun kembali pendidikan untuk para penerus negara mereka?

Pada masa Pemerintahan Transisi PBB di Timor Timur (UNTAET), muncul pelbagai masalah yang saling terkait selama pemulihan sektor pendidikan. Hubungan yang unik antara masyarakat Timor dan Portugis, dampak pendidikan di bawah Portugis dan Indonesia, kerja sama dengan pihak internasional, perselisihan seputar kontrol antara pihak Timor dan Bank Dunia, hingga persoalan bahasa pengantar di dalam ruang kelas yang terus mengganggu sistem pendidikan.

Berdasarkan studi, wawancara, artikel surat kabar, serta laporan dari sumber PBB dan Bank Dunia, Membangun Kembali Pendidikan selama Pemerintahan Transisi PBB di Timor Timur (UNTAET) menjelaskan bagaimana staf Timor Timur dan staf internasional bekerja sama dalam menghadapi sejumlah persoalan demi membangun kembali bidang pendidikan di Timor Timur.

Buku ini diakhiri dengan tinjauan umum dan perbandingan singkat antara pencapaian pendidikan selama masa UNTAET dan hasil pencapaian pada saat ini. Perbandingan ini menyoroti peningkatan jumlah siswa di semua tingkat pendidikan, sekaligus tantangan yang terus berlanjut dalam menyediakan pendidikan yang berkualitas bagi anak-anak Timor-Leste.

Buku ini layak dibaca oleh akademisi, peneliti, dan mahasiswa pascasarjana di bidang studi pascakonflik, pendidikan pascakolonial, kebijakan bahasa, serta budaya Timor Timur secara lebih khusus.

Published:
Publisher: Kepustakaan Populer Gramedia
Editors:
Cover Artists:
Genres:
Tags: