Masih Berjayakah Sawit Indonesia? Menghadapi Tuntutan Sustainability Global

Joko Supriyono

Book Cover: Masih Berjayakah Sawit Indonesia? Menghadapi Tuntutan Sustainability Global
Part of the Joko Supriyono series:
  • Masih Berjayakah Sawit Indonesia? Menghadapi Tuntutan Sustainability Global
Editions:Paperback
Size: 15.00 x 23.00 cm
Pages: 351

Sebagai pemasok minyak sawit terbesar dunia, Indonesia masih memegang “supremasi” penghasil minyak nabati nomor satu di tingkat global. Namun, apakah keadaan industri sawit Indonesia saat ini baik-baik saja? Alih-alih menunjukkan pertumbuhan yang menggembirakan, sektor industri sawit Indonesia justru memperlihatkan tanda-tanda stagnasi, bahkan proyeksi kemunduran belakangan ini.
Banyak hal yang dihadapi Indonesia dalam menjaga dan mempertahankan kejayaan sawit di pasar global, terutama persaingan di tengah tantangan sustainability. Industri sawit Indonesia tidak berdiri sendiri di ruang hampa, tetapi menjadi bagian integral dari lanskap sumber energi global, dengan segala persaingan dan dinamikanya. Maka, Indonesia harus menempatkan diri secara baik dan determinatif dalam percaturan global maupun regional untuk menentukan masa depan industri sawit nasional.
Pertanyaannya, sejauh mana negara telah hadir untuk memberikan daya dukung kepada perkembangan industri minyak sawit yang telah menjadi komoditas ekspor andalan dan berkontribusi terhadap pertumbuhan perekonomian nasional? Buku ini menyajikan beberapa fakta penting yang semestinya menjadi titik berangkat untuk mengambil keputusan dan langkah strategis terkait masa depan industri sawit Indonesia.

Available on:
Publisher: Kepustakaan Populer Gramedia
Editors:
Cover Artists:
Genres:
Tags: